Sunday 6 December 2020

UNTUK MEREKA YANG BERHEMPAS PULAS BERLELAH MENGEJAR DUNIA

▪
Allah telah menguji setiap hamba-Nya dengan ujian yang berbeda beda. Tidak ada sedikit pun dalam ujian tersebut, Allah menzalimi mereka.
▪
Semua terjadi dan berjalan di atas ilmu dan kebijaksanaan-Nya. Terjadinya, tidak ada seorang pun yang bisa menolaknya, menghalanginya, mengubahnya, dan menggantikannya.
▪
Itulah ketentuan yang tidak akan berubah dan itulah sunnatullah yang tidak akan berganti.
▪
Termasuk ujian yang bersifat menyeluruh atas para hamba-Nya adalah dunia yang indah dan hijau ini, perhiasan yang selalu dilirik, kemegahan yang senantiasa dikejar.
▪
Tahukah Anda, di belakang gemerlap dan keindahannya yang memikat, tersimpan bencana dan penipuan yang besar?
▪
Cermati, lihat, dan belajarlah dari orang yang telah tenggelam di dalamnya. Dia mengira bahwa dunia ini diciptakan untuknya dan dia diciptakan untuk dunia.
▪
Lihat pula kemajuan yang telah diraih oleh negeri-negeri kafir, ternyata semua itu menjadi boomerang dan senjata makan tuan.
▪
Dunia telah memikat, menjerat, membungkam, meninabobokan, dan merongrong agama seseorang.
☆ Menurut al-Imam Ibnu Qayyim, dunia itu bagaikan seorang wanita pelacur yang tidak pernah puas dengan satu suami.
Dia akan mencari laki- laki yang akan berbuat baik kepada dirinya dan dia tidak menyukai seorang lelaki yang pencemburu.
▪
Orang yang berjalan mengejar dunia bagaikan orang yang berjalan di daerah yang penuh binatang buas. Jika dia berenang ingin menggapainya, ia bagaikan orang yang mengejarnya dalam pusaran air yang penuh buaya.” (Lihat al-Fawaid karya Ibnul Qayyim hlm. 53)
▪
Allah Subhanahuwata’ala mencela Dunia
▪
Tiadalah kehidupan dunia selain kesenangan yang menipu.”( Ali mran: 185)
▪
“Berilah perumpamaan kepada mereka, kehidupan dunia bagaikan air hujan yang Kami turunkan dari langit.
▪
Menjadi suburlah tumbuh-tumbuhan kerananya di muka bumi, kemudian tumbuh-tumbuhan itu menjadi kering yang diterbangkan oleh angin.
▪
Adalah Allah Maha kuasa atas segala sesuatu. Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia,tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh lebih baik pahalanya disisi Rabbmu dan lebih baik untuk menjadi harapan.” (al-Kahfi: 45—46)
ِ
☆ “Dijadikan indah pada pandangan manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, iaitu wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak, dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allahlah tempat kembali yang baik(jannah/syurga).
Katakanlah,‘ Mahukah aku khabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?’
Untuk orang-orang yang bertakwa( kepada Allah), pada sisi Rabb mereka ada syurga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya. Dan (mereka di kurnia) isteri-isteri yang disucikan serta keredaan Allah, dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.” (Ali imran: 14-15)
َ
▪
“Tiadalah kehidupan dunia ini selain main-main dan senda gurau belaka, dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Tidakkah kamu memahaminya?”( al- An’am: 32)
َ
▪
“Sesungguhnya perumpamaan hidup dunia ini adalah bagaikan air hujan yang Kami turunkan dari langit, lalu tumbuhlah dengan suburnya tanaman-tanaman bumi, diantaranya ada yang dimakan manusia dan binatang ternak.
Hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya dan memakai perhiasannya, serta para pemiliknya menyangka bahwa mereka sanggup menguasainya, tiba-tiba datanglah kepada mereka azab Kami di waktu malam atau siang. Kemudian Kami jadikan tanaman-tanamannya laksana tanaman yang sudah disabit, seakan akan belum pernah tumbuh kelmarin. Demikianlah Kami menjelaskan tanda-tanda kekuasaan Kami bagi orang yang berfikir.” (Yunus: 24)
َ
▪
“Tidaklah kehidupan dunia ini selain senda gurau dan main-main belaka. Dan sesungguhnya akhirat itu sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui.” (al-‘Ankabut: 64)
ُ
▪
“Sesungguhnya janji-janji Allah itu benar , maka janganlah kehidupan dunia menipu kalian dan jangan sekali-kali syaitan menipu kalian dijalan Allah.” (Luqman: 33)
■ SUBHANALLAH
□ Maha Suci Allah
Copy and paste from FB : 6.12.2020 @ 20 Rabiulakhir 1442H: 10.25 am

No comments: