Saturday 23 September 2023

SEJARAH ISLAM MASUK KE VIETNAM

POSTED BY IBN KAMAL > PERISTIWA N' SEJARAH

Vietnam merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang mayoritas penduduknya memeluk agama Buddha.Di Vietnam, Islam menjadi agama minoritas yang hanya dianut oleh Muslim Campa atau juga dikenal dengan sebutan suku Cham. Sementara sebagian kecil Muslim di Vietnam berasal dari beberapa etnis lainnya.Berkembangnya Islam di Vietnam dibawa oleh pedagang dari India,Parsi dan Arab.
BERIKUT INI SEJARAH ISLAM DI VIETNAM.
Penyebar agama Islam di Vietnam yang pertama diperkirakan berasal dari kekhalifahan Utsman bin Affan.Para pedagang Muslim diduga telah berhenti di pelabuhan Kerajaan Champa di Vietnam pada abad ke-7,sewaktu dalam perjalanan ke China.Namun, para ahli sejarah sepakat menyatakan bahwa Islam telah sampai di Vietnam pada abad ke-10 dan 11.
Hal ini didasarkan pada catatan Dinasti Song di China yang menyatakan bahwa Champa mulai beradaptasi dengan Islam pada akhir abad ke-10 dan awal abad ke-11.Catatan Dinasti Song menyebutkan bahwa mulai 986, ratusan orang dari Champa, yang dipimpin oleh Pu Bo E (Abu Nurs), tiba di Hainan,kerana pergolakan kerajaan.Bukti lain, dua makam pedagang Muslim bertanggal 1039 ditemukan di Phan Rang (Panduranga, selatan Champa),sebagai tanda adanya komuniti Muslim kecil di Champa pada abad ke-11.
Agama Islam dipercayai dibawa oleh pedagang dari India, Parsi dan Arab, yang melakukan hubungan dagang di wilayah Kerajaan Champa. Mulai saat itulah, pengaruh Islam mulai berkembang di wilayah Kerajaan Champa, yang disusul dengan penghijrahan bangsa Mongol ke Vietnam.Beberapa panglima Mongol yang beragama Islam juga memiliki pengaruh terhadap penyebaran Islam di Vietnam. Champa pun berubah menjadi kerajaan Islam setelah Raja Che Bo Nga diislamkan oleh Sayyid Hussein Jumadil Kubro dan mengubah namanya menjadi Sultan Zainal Abidin (1360-1390). Berkembangnya Islam di Vietnam semakin meningkat setelah Champa memiliki hubungan dengan Kesultanan Melaka.
PERKEMBANGAN ISLAM DI VIETNAM HINGGA PADA ABAD ke-17
Islam di Champa berkembang seiring dengan dijalinnya hubungan dengan kerajaan-kerajaan di Indonesia. Sebuah catatan Sepanyol di akhir 1580-an melaporkan bahawa banyak Muslim tinggal di Champa. Bahkan kala itu, Islam berkembang seiring dengan perkembangan agama Hindu. Sehingga, menghasilkan banyak masjid yang berdiri bersama dengan kuil-kuil Hindu. Pada era ini,banyak lahir manuskrip tentang kisah Syaidatina Fatimah putri Nabi, asal-usul masjid, Malaikat Jibril, dan beberapa kisah lainnya. Selain itu, Sunni menjadi aliran Islam yang berkembang di Vietnam.
PERKEMBANGAN ISLAM SETELAH PERANG VIETNAM
Runtuhnya Champa Pada tahun 1832 membuat perkembangan Islam terencat.Setelah itu, sempat terjadi migrasi Muslim dari Kemboja ke wilayah Vietnam, tepatnya di Delta Mekong yang berada di sebelah barat daya Vietnam. Hingga sebelum terjadinya perang saudara Vietnam atau Perang Vietnam (1955-1975), Muslim Champa masih berkembang.
Namun, setelah Perang Vietnam selesai pada 1975 dan dimenangkan oleh pihak komunis, timbul kekhawatiran di pihak Muslim Vietnam di Delta Mekong. Muslim di Vietnam kemudian migrasi secara besar-besaran ke Kamboja dan beberapa wilayah di sekitarnya.
Migrasi tersebut membuat populasi Islam di Vietnam berkurangan secara drastik dan terpinggirkan. Hingga saat ini, umat Islam di Vietnam masih ada, meski sedikit jumlahnya. Kebanyakan Muslim di Vietnam adalah Islam Sunni yang bermazhab Syafi'i. Pada 2019, tercatat hanya terdapat 41 masjid yang berdiri di Vietnam, beberapa di antaranya adalah Masjid Phuic Nhon, Masjid An Xuan, Masjid Van Lam, dan Masjid Nho Lam.
Penulisan:Aizid, Rizem. (2021).
Sejarah Lengkap Peradaban Islam Era Klasik,
Pertengahan dan Moden..
SUMBER:Kompas online
Copy and paste:
23/9/2023 > 7 Rabiulawal 1445H: 11.47 am

No comments: