Thursday 21 March 2024

Kurma Makanan Sunnah Terbaik Untuk Berbuka Puasa

SUMBER: KEMBARA SAHABAT HARAMAIN
Posted by : Mohd Faridzul Yop
21.3.2024 > 10 Ramadan 1445H

Pada Bulan Ramadhan, Kurma biasanya banyak diburu masyarakat untuk disajikan pada saat berbuka Puasa atau sahur. Kurma disebut-sebut sebagai makanan terbaik untuk yang berpuasa. Inilah istimewanya kurma.
Dunia medis telah membuktikannya bahwa kurma memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi tubuh. Khususnya di bulan Ramadhan.
Kurma mengandung unsur-unsur penting berupa vitamin, mineral dan gula alami yang mudah diserap, dan membantu untuk mengurangi rasa lapar dan memberi rasa kenyang dengan cepat, karena itulah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ فَإِنَّهُ بَرَكَةٌ
“Jika salah seorang diantara kalian berbuka puasa maka makanlah buah kurma karena ia mengandung keberkahan”. (HR. Abu Daud).
SubhanAllah!
Ternyata Inilah yang banyak direkomendasikan oleh para ilmuwan Nutrisi hingga Hari ini.
Kurma berfungsi untuk pengobatan, Berdasarkan pengalaman dan penelitian, menegaskan bahwa mengkonsumsi beberapa biji buah kurma rutin setiap hari dapat membantu keseimbangan tubuh dan otak dalam mengatur sekresi hormon yang masuk ke otak manusia, yang akan mengirimkan sinyal kepada pikiran dan merasa selalu kenyang sehingga mengurangi jumlah makanan yang biasa dikonsumsi.
Dari sini kita mengingat sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam:
لاَ يَجُوْعُ أَهْلُ بَيْتٍ عِنْدَهُمْ التَّمْرُ
“Tidak akan kelaparan rumah tangga seseorang yang memiliki kurma di dalamnya”. ( H.R Muslim).
Mengkonsumsi kurma setiap hari dan teratur akan mempengaruhi kondisi mental yang akan membuatnya lebih stabil, dan Subhanallah (Maha suci Allah) yang telah memberikan kepada kita makanan ini dan telah disebutkan dalam firmanNya:
وَجَعَلْنَا فِيهَا جَنَّاتٍ مِنْ نَخِيلٍ وَأَعْنَابٍ وَفَجَّرْنَا فِيهَا مِنَ الْعُيُونِ (٣٤)لِيَأْكُلُوا مِنْ ثَمَرِهِ وَمَا عَمِلَتْهُ أَيْدِيهِمْ أَفَلا يَشْكُرُونَ (٣٥)
“Dan Kami jadikan padanya kebun-kebun kurma dan anggur dan Kami pancarkan padanya beberapa mata air, supaya mereka dapat Makan dari buahnya, dan dari apa yang diusahakan oleh tangan mereka. Maka Mengapakah mereka tidak bersyukur? (Q.S Yasin:34-35)
Berpuasa yang efektif harus ditopang pada Air dan Gula Alami, dan gula yang terdapat pada kurma merupakan salah satu gula terbaik untuk tubuh Manusia. Dalam penelitian menunjukkan bahwa manusia yang mengkonsumsi air dan kurma untuk periode Tiga puluh hari, maka tubuhnya akan terhindar dari berbagai racun yang terakumulasi dalam tubuh dan vitalitasnya jauh lebih baik dari sebelumnya.
Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam telah menegaskan kaidah ini dan berbicara tentangnya:
إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ فَإِنَّهُ بَرَكَةٌ ، فَإِنْ لَمْ يَجِدْ تَمْراً فَالْمَاءُ فَإِنَّهُ طَهُوْرٌ
“Jika salah seorang diantara kalian berbuka puasa maka makanlah buah kurma karena ia mengandung keberkahan dan jika tidak mendapatkan kurma maka dengan air putih karena ia adalah simbol kebersihan”. (H.R Abu Daud).
Selamat Menyambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan 1445 H buat @followers Mohd Faridzul Yop Kembara Sahabat Haramain

Copy and paste:
21/3/2024 > 10 Ramadan 1445H: 1.09 p.m

No comments: