Sunday 3 June 2018

Mencari Malam lailatul Qadar

Malam tersebut boleh jadi malam ganjil atau malam genap
Dalam hadits dinyatakan bahwa agar kita mencari di malam ganjil. Akan tetapi boleh terjadi jika dihitung dari awal bulan. Sedangkan ada hadits yang menyatakan bahwa kita menghitungnya di hari akhir bulan Ramadahan. Artinya kita menghitung dari belakang. Dan bulan Ramadhan mungkin 30 hari atau  29 hari sehingga jika kita menghitung mundur maka boleh berubah-ubah. Mungkin jadi malam ke-27 adalah malam ganjil jika bulan Ramadhan 30 hari dan boleh jadi malam genap jika bulan Ramadhan 29 hari.

Hitungan mundur didasarkan pada hadits berikut. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لِتَاسِعَةٍ تَبْقَى لِسَابِعَةٍ تَبْقَى لِخَامِسَةٍ تَبْقَى لِثَالِثَةٍ تَبْقَى

“Lailatul qadar ada pada sembilan hari yang tertinggal, boleh jadi ada pada tujuh hari yang tertinggal, boleh jadi pula pada lima hari yang tertinggal, boleh juga pada tiga hari yang tertinggal” (HR. Al Bukhari)

Ibnu Hazm rahimahullah berkata,

فان كان الشهر تسعا وعشرين فأول العشر الاواخر بلا شك ليلة عشرين منه، فهى إما ليلة عشرين، وإما ليلة اثنين وعشرين، وإما ليلة أربع وعشرين، واما ليلة ست وعشرين، واما ليلة ثمان وعشرين، لان هذه هي الاوتار من العشر الاواخر، وان كان الشهر ثلاثين فأول الشعر الاواخر بلا شك ليلة احدى وعشرين، فهى إما ليلة احدى وعشرين، واما ليلة ثلاث وعشرين، واما ليلة خمس وعشرين، واما ليلة سبع وعشرين، واما ليلة تسع وعشرين، لان هذه هي أوتار العشر بلاشك

“Apabila Bulan Ramadhan itu ada 29 hari, maka tidak diragukan lagi bahwa awal dari sepuluh malam terakhir adalah malam ke-20. Sehingga, lailatul qadar dimungkinkan jatuh pada malam ke-20, atau ke-22, atau ke-24, atau ke-26, atau ke-28. Kerana inilah malam-malam ganjil dari sepuluh malam terakhir.apabila bulan Ramadhan itu 30 hari, maka tidak diragukan lagi bahwa awal dari sepuluh malam terakhir adalah malam ke-21. Sehingga, lailatul qadar dimungkinkan jatuh pada malam ke-21, atau ke-23, atau ke-25, atau ke-27, atau ke-29. Karena inilah malam-malam ganjil dari sepuluh malam terakhir.” (Al Muhalla 4/457, Darul Fikr, Beirut, syamilah).

Semuga bermanfaat..

Wallahu A'lam
Copy and paste: Whatsapp Group Haji 2/2017
3.6.2018 : 9.25 pm

No comments: