Monday 12 February 2018

HEBATNYA DOA DUDUK ANTARA DUA SUJUD


  •  ROBIGHFIRLII 
  • ▪ WARHAMNII 
  • ▪ WAJBURNII 
  • ▪ WARFA'NII 
  • ▪ WARZUQNII
  • ▪ WAHDINII
  • ▪ WA'AAFINII
  • ▪ WA'FUANNII


Ketika  orang ditanya : “Do’a apakah yang  paling  kerap  dibaca oleh orang islam ?”

Banyak  yang  menjawabnya dengan salah. Begitu kerap do’a itu dibaca,  hingga ketika sedang membaca do’a tersebut, banyak antara kita yang tak merasa  sedang membaca DOA tersebut

Padahal  do’a itu sangatlah hebat, merangkumi  keperluan kita di dunia dan akhirat. Dan dibaca minimum 17 kali setiap hari.

Do’a itu, ialah do’a diantara dua sujud, marilah kita hayati dan fahami maknanya :

▪ ROBBIGHFIRLII
Wahai Tuhan ampunilah dosaku, dosa adalah beban, yang menyebabkan kita berat melangkah menuju ke ridhaan اللّهُ. Dosa  adalah  kotoran hati yang mem-buat  hati  gelap,  sehingga  hati kita merasa  berat sekali untuk melakukan kebaikan.

▪ WARRHAMNII 
Sayangilah diriku, kalau kita disayang اللّهُ hidup akan terasa tenang, karena dengan kasih sayang-Nya akan dapat dicapai semua cita-cita. Dengan kasih sayang اللّهُ nafsu kita akan terbimbing dan terdidik

▪ WAJBURNII 
Tutup lah  segala  kekuranganku, banyak sekali kekurangan kita, kurang syukur,  kurang  sabar,  kurang  menerima kenyataan, mudah marah, pendendam  dan  lainnya. Kalau kekurangan kita ditutup/diperbaiki اللّهُ, maka  kita  akan  menjadi  manusia sebenarnya.

▪ WARFA'NII
Tinggikanlah darjatku, kalau اللّهُ sudah  meninggikan darjat kita, maka pasti tidak ada  manusia atau makhluk yang boleh menghinakan kita.

▪ WARZUQNII
Berikanlah  aku  rezki, sebagai hamba اللّهُ kita  memerlukan rezki, اللّهُ mampu mendatangkan rezki dari jalan yang tak disangka dan tidak ternilai banyaknya.

▪ WAHDINII
Berikanlah  aku petunjuk/bimbinglah aku  ke jalan yang benar Kita bukan hanya  minta petunjuk/hidayah yang berkaitan dengan agama. Tetapi kita juga  minta  petunjuk  agar terhindar dari  mengambil  keputusan  yang di anggap salah._

▪ WA'AAFINII
Berikan lah  aku  kesihatan,  apabila kita sihat, kita dapat menambah kebaikan  dan  manfaat serta kita tidak menjadi beban kepada orang lain.

▪ WA'FUANNII
Aku mohon agar kesalahanku dihapus dari catatan.

Dari do'a tersebut Dimulakan dan Diakhiri dengan mohon keampunan dari *الله*sehingga kita benar2 bersih dari dosa.

Allah SWT memerintahkan kita untuk membaca doa tersebut,  Rasulullah  SAW mencontohkan  kepada kita, menurut logiknya  do’a tersebut pasti terkabul dan diterima oleh Allah SWT.

         ..... Aamiin .....

Terkadang  yang menjadi persoalan, dimana  hati dan fikiran kita, ketika kita membaca do’a itu dan kita tidak hafal arti serta maknanya ?

Padahal  do'a tersebut sangat hebat, dan masih banyak orang sering terburu-buru  yang  sepatutnya perlu tuma'ninah dengan  menghayati  benar-benar meminta kepada Allah SWT.

   Jika Baik dan Benar,  Panjang2 kan
             SEMOGA  BERMANFAAT

Copy and paste: Whatsapp Group Haji 2/2017

No comments: