Wednesday 17 July 2013

Menggemarkan Membaca Al-Quran di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan, dikenal juga dengan Bulan Al-Qur’an’ karena pada bulan inilah Al-Qur’an diturunkan.

Allah Ta’ala berfirman,
“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (Qs.Al Baqarah:185)

Bersungguh sungguhlah untuk memperbanyak bacaan Al-Quran yang penuh berkah, terutama pada bulan ini, yaitu bulan diturunkannya Al-Qur’an. Membaca Al-Qu’an pada bulan ini memiliki keistimewaan tersendiri. Dahulu Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada Nabi shalallahu ‘alayhi wa sallam setiap tahun sekali pada bulan ramadhan. Pada tahun wafatnya Rasulullah shalallahu ‘alayhi wasallam Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada beliau sebanyak dua kali untuk memantapkannya.

Para ulama pendahulu memperbanyak membaca Al-Quran pada bulan ramadhan, baik di dalam maupun di luar shalat. Berikut ini adalah beberapa contohnya.

Imam Az-Zuhri rahimahullah berkata, pada saat memasuki bulan ramadhan, “Ini adalah bulan pembacaan Al-Qur’an dan pemberian makanan.”

Ketika memasuki ramadhan, Imam Malik rahimahulah meninggalkan
pembacaan hadits dan majelis majelis ilmu, lalu beliau fokus untuk membaca Al-Qur’an dengan memakai mushaf.

Qatadah selalu mengkhatamkan Al-Qur’an setiap tujuh malam, namun pada bulan Ramadhan, beliau mengkhatamkan Al-Quran dalam tiga hari, bahkan pada sepuluh malam terakhir, beliau mengkhatamkannya setiap malam.

Ibrahim an Nakha’i rahimahullah mengkhatamkan Al-Quran setiap tiga malam. Namun pada sepuluh malam terakhir beliau mengkhatamkannya tiap dua malam.

Adapun Al-Aswad rahimahullah, beliau membaca seluruh ayat al-Qur’an setiap dua hari pada setiap bulan.

Maka, jadikanlah orang orang pilihan tersebut sebagai teladan kalian. Ikutilah jalan mereka dan pergunakanlah kesempatan pada waktu siang dan malam dengan sebaik baiknya untuk mendekatkan diri kepada Yang maha Perkasa lagi maha Pengampun. Ketahuilah, umur itu hilang dengan cepat dan waktu itu akan sirna seluruhnya, seolah olah hanya sekejap mata saja.

Ya Allah, berilah karunia kepada kami untuk dapat membaca kitabMu sesuai dengan cara yang Engkau Ridhai dari kami. Dengannya tunjukkanlah kami jalan jalan keselamatan dan keluarkanlah kami dari kegelapan kepada cahaya. Wahai pemilik dan Pengatur alam Semesta, jadikanlah ia sebagai hujjah yang memperkuat kami, bukan hujjah yang mencelakakan kami.

Disalin dari Majelis Bulan Ramadhan
Syaikh Muhammad bin Shalih al- Utsaimin rahimahullah,
Pustaka Imam Syafi’i


Copied from Facebook: 17.7.2013

No comments: